Monday, June 13, 2011

Mengatasi Error 0x800ccc0b Outlook Express, tidak bisa kirim e-mail

Saya baru saja menghadapi error e-mail kantor saya seperti ini:
Status e-mail:
Setting dasar: SMTP & POP3 mail
Akun & password: dasar tanpa autentikasi

Manakala akan mengirim e-mail ke alamat manapun, akan tetapi Saya coba tes kirim e-mail dari webmail yang sama dan id e-mail yang berbeda..berhasil; saya berfikir, apa yang salah dengan 1 id ini?

setelah saya googling ketemu beberapa solusi, antara lain dengan menyontreng autentikasi pada menu option yang mungkin bisa bekerja pada e-mail jenis gmail (Google Mail)
Namun saya lakukan pengecekan langsung pada control panel webmail admin utama e-mail kantor saya, lalu saya lakukan pengecekan:
1. Kapasitas quota yang tersisa secara keseluruhan untuk seluruh akun e-mail yang ada pada perusahaan saya
2. Kapasitas quota pada id e-mail tertentu yang mengalami kendala
3. Status id e-mail, password pada webmail dan outlook express

Yang saya dapati, status e-mail id tsb suspend, namun komposisi passwordnya normal, penyebabnya karena webmail tersebut full pada penggunaannya, dari jatah 20mb quota jatah yang dipakai sudah 30mb, berlebih 10mb
Langkah yang saya lakukan:
1. Memperbesar quota id e-mail tersebut dari 20mb menjadi 40mb
2. Login pada webmail e-mail tersebut dan lakukan maintenance pada id webmail dengan menghapus sebagian besar e-mail yang lama serta sudah diyakini masuk Outlook Express agar tidak "menyampah" pada webmail (ciri-ciri mail yang sudah diambil ke Outlook Express biasanya status pada daftar e-mail-nya adalah sudah dalam posisi terbaca/read)

Kemudian saya coba kembali tarik dari Outlook Express dan berhasil, semoga menjadi solusi untuk kendala yang anda hadapi juga ^^

No comments:

Post a Comment